Sistem
pakar (Expert System) adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia
buatan (Artificial Intelegent) yang menyerupai intelegensia manusia. Sistem
pakar mirip dengan DSS yaitu bertujuan menyediakan dukungan pemecahan masalah
tingkat tinggi untuk pemakai. Perbedaan ES dan DSS adalah kemampuan ES untuk
menjelaskan alur penalarannya dalam mencapai suatu pemecahan tertentu. Sangat
sering terjadi penjelasan cara pemecahan masalah ternyata lebih berharga dari
pemecahannya itu sendiri.
Karakteristik
Sistem Pakar
• Memiliki
kemampuan belajar atau memahami masalah dari pengalaman.
•
Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi baru.
• Mampu
menangani masalah yang kompleks (semi terstruktur).
•
Memecahkan masalah dengan penalaran.
•
Menggunakan pengetahuan untuk menyelasaikan masalah.
Bagian
Sistem Pakar
User
Interface, adalah bagian yang memungkinkan manajer mamasukan instruksi dan
informasi kedalam dan menerima informasi dari sistem pakar.
1. Input
terdapat empat metode yaitu
• Menu
• Commands
• Natural Languange
•
Customized Interfaces
2. Output
Sistem Pakar , antara lain:
•
Penjelasan dari pertanyaan
•
Penjelasan dari penyelesaian masalah
3.
Knowledge Base, adalah bagian yang memuat fakta-fakta yang menjelaskan area
masalah, dan juga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana
fakta-fakta tersebut cocok satu dengan yang lain dalam urutan yang logis.
Istilah problem domain digunakan untuk menjelaskan area masalah.
4.
Interference Engine, adalah bagian dari sistem pakar yang melakukan penalaran dengan
menggunakan isi knowledge base berdasarkan urutan tertentu. Selama konsultasi,
interference engine menguji aturan-aturan satu persatu dan ketika kondisi benar
naka satu tindakan diambil.
5.
Development Engine, adalah alat yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar,
dalam hal ini dua alat yang biasa digunakan adalah bahasa pemrograman dan ES
shell.
Contoh
Sistem Pakar
• XSEL,
Sistem pakar yang bertindak sebagai asisten penjual di agen penjualan komputer
DEC, yang membantu pelanggan memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhannya.
• MYCIN,
Sistem pakar yang dikembangkan di Stanford University tahun 19870-an dengan
tujuan membantu petugas medis dalam mendiagnosa penyakit yang disebabkan
bakteri.
•
PROSPECTOR, Sistem yang diciptakan Richard Duda, Peter Hard, dan Rene Reboh
tahun 1978 yang menyediakan kemampuan seorang ahli geologi.
Analisa :User Interface, adalah bagian yang memungkinkan manajer mamasukan instruksi dan informasi kedalam dan menerima informasi dari sistem pakar.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar