BAB 1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Anak-anak jaman
sekarang sangat akrab dengan gadget. Sungguh berbeda dengan kita ketika masih
kecil. Mereka dapat mengoperasikan hampir semua isi gadget mulai dari kamera,
browser, hingga aplikasi-aplikasi game dan media social tanpa canggung. Seringkali
anak pun meminta hadiah dalam rupa gadget sepertismartphone dan tablet di
momen-momen seperti ulang tahun atau kenaikan kelas. Tapi bijaksanakah jika
orang tua menurutinya? Sebenarnya boleh-boleh saja, karena gadget tidak selalu
memberi dampak buruk pada anak-anak asalkan penggunaannya tidak berlebihan dan
disertai pengawasan orang tua. Selain itu orang tua juga wajib selektif memilih
gadget seperti apa yang pas untuk si buah hati. Begitu banyak gadget dari
berbagai merek yang tersedia di pasar. Begitu juga model dan fiturnya, sangat
beragam. Orang tua dituntut cerdas memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan
anak.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bijaksanakah jika orangtua memberikan gadget untuk
anaknya ?
2. Apa dampaknya bila orangtua salah memilih gadget untuk
anaknya ?
1.3 Batasan Masalah
Bahasan ini hanya mencakup seputar gadget yang diberikan
orangtuanya untuk anaknya, tidak melebihi harga dari gadget tersebut.
1.4 Tujuan Penulisan
1. Mencari tau cara pengawasan yang baik agar anak tidak
bebas menggunakan gadget
2. Mencari gadget yang cocok untuk anak
1.5 Metode Penelitian
Berpikir secara langsung dengan topic yang akan dibahas
BAB 2 Landasan Teori
Begitu banyak gadget dari berbagai merek yang tersedia
di pasar. Begitu juga model dan
fiturnya, sangat beragam. Orang tua dituntut cerdas memilih gadget yang sesuai
dengan kebutuhan anak. Untuk anak-anak, orang tua tentu tidak memerlukan gadget
rumit, punya fitur premium, dan berharga selangit. Sebagai tips, pilih gadget
yang sederhana terjangkau, namun tetap punya canggih yang dapat mendukung
edukasi anak. Tidak hanya memenuhi kebutuhan bermain. Seperti Evercoss Winner
Tab S3. Tablet dengan layarnya akan memperkuat fungsi ‘sharing’ antara anak dan
orang tua. Anak tidak sibuk sendiri dengan gadget melainkan dapat mengakses
konten-konten dalam tablet bersama orang tua dengan nyaman. Sebaliknya orang
tua Pun jadi lebih mudah mengawasi konten apa saja yang diakses anak.
BAB 3 Hasil dan Pembahasan
Gadget yang
cocok untuk anak adalah Evercoss Winner Tab S3. Tablet dengan layarnya akan
memperkuat fungsi ‘sharing’ antara anak dan orang tua. Anak tidak sibuk sendiri
dengan gadget melainkan dapat mengakses konten-konten dalam tablet bersama
orang tua dengan nyaman. Sebaliknya orang tua pun jadi lebih mudah mengawasi
konten apa saja yang diakses anak.
Selain itu, Evercoss Winner Tab S3 memiliki beberapa fitur
dan aplikasi yang dapat membantu mendorong semangat belajar anak. Evercoss
Winner Tab S3 dilengkapi dengan aplikasi ECBook dan Parental Control yang
bersifat pre-installed. Selain itu juga memiliki segudang permainan yang tidak
hanya menghibur anak-anak tetapi juga membantu mengasah otak mereka. Aplikasi
ECBook akan mempermudah anak-anak mencari buku pelajaran sesuai dengan bidang
yang diminati dan jenjang sekolahnya dalam bentuke-book. Judul-judul buku yang
tersedia di aplikasi ECBook adalah buku yang umum digunakan di berbagai sekolah
di Indonesia. Mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK. Buku-buku pelajaran dalam
bentuk ebook tersebut bisa digunakan sebagai referensi tambahan saat belajar.
BAB 4 Penutup
Kesimpulan
Maka oleh itu,
gadget yang cocok untuk anak adalah Evercoss Winner Tab S3 karena memiliki
beberapa fitur dan aplikasi yang dapat membantu mendorong semangat belajar
anak.
Kutipan dapat dinyatakan dalam bentuk kutipan langsung
seperti contoh berikut :
Sobur Alex (2001) mengungkapkan bahwa wacana adalah
rangkaian ujar atau rangkaian tindak tutur yang mengungkapkan suatu hal
(subjek) yang disajikan secara teratur, sistematis, dalam suatu kesatuan yang
koheren, dibentuk oleh unsure segmental maupun non segmental bahasa.
Contoh kutipan tidak langsung :
Menurut Gallagher sebagaimana dikutip Gurevetch (dalam
Rusadi 2002:9) ada dua sumber keterbatasan organisasi media dalam memproduksi
berita yaitu dari sumber ekstern dan intern.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar